VISI

HARMONIS, SEJAHTERA DAN BERKEADILAN

2009/03/17

SEJARAH SINGKAT PUK-JAEPSI

Sejarah Singkat PUK Jaepsi
PT. Japan AE Power Systems Indonesia atau yang lebih familiar dengan sebutan PT. JAEPSI terletak di East Jakarta Industrial Park ( EJIP ) Plot 8 E, Lemah Abang - Bekasi, Propinsi Jawa Barat - Indonesia.Perusahaan mulai berdiri pada tahun 1995, dan mulai beroperasi 1 ( satu ) tahun berikutnya. Yaitu pada tahun 1996. Sama seperti perusahaan - perusahaan lainnya, dahulu di dalam PT. Jaepsi sudah terbentuk serikat pekerja Internal. Karena satu dan lain hal, maka perwakilan karyawan mulai cari - cari tahu, adakah wadah bagi buruh yang mempunyai sifat terbuka, independent, dan tentunya berpihak kepada kepentingan buruh.  Dan akhirnya terpilih 1 ( satu ) nama yaitu FSPMI ( Federasi Serikat Pekerja Indonesia ).
Bergabung dengan FSPMI ( Federasi Serikat Pekerja Indonesia ) yaitu pada Febuari 2005 dengan Nama PUK SPEE FSPMI PT. HPSI dan pada bulan Agustus 2005 terjadi pemindahan pemegang saham, sehingga berubah nama menjadi PUK SPEE FSPMI PT. JǼPSI. Periode Kepengurusan PUK SPEE FSPMI I  yaitu Januari 2005 ~ Januari 2008 dan Masa Perpanjangan s/d Juli 2008. Di kepengurusan pertama ini terp[ilihlah Bung Nurdin Muhidin sebagai Ketua PUK. Jumlah Pengurus s/d Juli tahun 2008 adalah 9 Orang. Kemudian pada taggal 19 Juli 2008 terjadilah MUsnik II PUK PT. JAEPSI untuk memilih kepengurusan berikutnya. Pada Musnik II ini, panitia mengundang Presiden FSPMI ( Bung Iqbal ) untuk memberikan arahan dan nasihat yang membangun, serta situasi terkini buruh di Indonesia dan dunia. Pesan penting dari presiden FSPMI adalah
" Bangunlah Komunikasi yang baik dengan Pihak Pengusaha, dan jadikanlah negosiasi sebagai jalannya," Ini juga sesuai dengan Motto PUK SPEE FSPMI PT. JAEPSI yaitu : Harmonis, sejahtera dan Berkeadilan.
Di kepengurusan yang kedua ini Bung Nurdin Muhidin terpilih lagi sebagai Ketua PUK untuk Periode 2008 - 2011. Sekaligus merangkap sebagai Pengurus PC ( Perangkat Cabang ) untuk Bidang Pendidikan dan Organisasi mendampingi Bung David. Pada kepengurusan kedua ini tepilih 11 ( sebelas ) orang dengan 4 ( empat ) bidang kerja, yaitu : Bidang Pendidikan dan Organisasi, bidang Hukum dan Pembelaan, bidang K3 dan Hubungan Industrial, serta bidang Infokom dan Sosek. Adapun susunan kepengurusannya adalah sebagai berikut :

Ketua PUK : Bung Nurdin Muhidin
Sekretaris : Bung Ahmad Riyanto 
Bendahara : Bung Prasetyo Wibowo
Wakil I ( Bid. Pendidikan dan Organisasi ) : Bung Aep Risnandar
Sekretaris I ( Bid. Pendidikan dan Organisasi ) : Bung Imam Hadiyanto
Wakil II ( bidang Hukum dan Pembelaan ) : Bung Arif Budiman
Sekretaris II ( bidang Hukum dan Pembelaan ) : Bung Mujito
Wakil III ( bidang K3 dan Hubungan Industrial ) : Bung Herry
Sekretaris III ( bidang K3 dan Hubungan Industrial ) : Bung Dedi Supeno
Wakil III ( bidang Infokom dan Sosek ) : Bung Suarno
Sekretaris III ( bidang Infokom dan Sosek ) : Bung Marzi Sholeh

KIta semua berharap, di tangan - tangan pengurus baru ini motto atau cita - cita Puk PT. JAEPSI terpenuhi, yaitu : Harmonis, Sejahtera dan Berkeadilan. Sehingga pandangan miring terhadap keberadaan kaum buruh yang termarjinalkan akan hilang. Sehingga hak - hak kaum buruh tidak lagi dihilangkan, sehingga buruh dapat dijadikan aset bagi perusahaan.
Salam Solidarity Forever...!!!!

0 comments:

Posting Komentar

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.